Operator di Indonesia mencoba gebrakan bisnis baru yang menyasar generasi Z. Sejak tahun lalu, satu persatu operator merilis produk operator digital baru. Secara sederhana, operator digital merupakan layanan kartu prabayar berbasis aplikasi yang menargetkan anak muda, terutama kalangan gen Z.

Pembeda utamanya dengan kartu prabayar konvensional adalah segala aktivitasnya dilakukan secara digital lewat aplikasi atau situs resmi. Mulai dari pemesanan kartu, pemilihan nomor, registrasi, hingga pembelian paket.  Togel Online

Aplikasinya juga telah tersedia di toko aplikasi seperti Play Store dan iOS. Kendati serba digital, pengguna tetap membutuhkan kartu fisik layaknya kartu prabayar konvensional.

Telkomsel menjadi pionir operator digital di Indonesia dengan merilis by U pada bulan Oktober 2019. Direktur utama Telkomsel kala itu, Emma Sri Martini mengatakan bahwa by U dibuat dengan asas fleksibilitas. Artinya pengguna bisa memilih sendiri kuota aplikasi apa saja yang ingin dibeli.

"Gen Z sekarang tidak mau bergantung dan diatur dengan produk. Mereka ingin mentukan sendiri, butuhnya apa dan kemudian memilih produknya."ungkap Emma dalam acara peluncuran layanan by U di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019).

Pengalaman ini berbeda dengan penggunaan kartu prabayar konvensional, dimana pengguna hanya bisa memilih produk atau paket data apa saja yang telah disediakan operator. Kemudian pada awal tahun 2020, Sinarmas Group menyusul dengan memperkenalkan Switch Mobile, yang bertumpu di jaringan operator Smartfren.

Selain bisa mengatur paket pilihannya sendiri, keunikan Switch adalah pengguna bisa mengutak - atik nomor sesuai keinginan.

Saat memesan nomor perdana, sistem Switch Mobile akan merekomendasikan nomor kepada calon pengguna, tetapi enam digit nomor terakhir bisa diatur sesuai kehendak.

Paling baru adalah XL Axiata yang merilis Live One pada Oktober 2020. Dalam peluncuran awalnya, Live On menggandeng Shopee sebagai rekanan. Sehingga, selain bisa memesan kartu atau membeli paket add on lewat situs atau apliaksi, calon pengguna bisa memesan lewat situs belanja tersebut.

Kabarnya, Indosat Ooredoo juga menyiapkan produk operator digital baru yang akan segera dirilis. Sementara, Hutchison Tri (3) Indonesia masih belum terdengar akan meluncurkan layanan serupa.




Sumber : KOMPAS